c5s

[complete.colorful.comfortable.cheerful.creative] school


You are not connected. Please login or register

Bengkel Bahasa Indonesia Kelas 2-3 SMP

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down  Message [Halaman 1 dari 1]

1 Bengkel Bahasa Indonesia Kelas 2-3 SMP on Fri Apr 24, 2009 8:39 pm

Minorita Shinobu


4th Grade Student
4th Grade Student
yup,bagi yang punya permasalahan dengan sastra indonesia,silahkan diskusi disini. ^^

khusus untuk kelas 3 SMP,akan disertakan dengan Kisi-Kisi SKL UN,dan beserta soal2 5 tahun terakhir.

Lihat profil user http://ishikawachan.deviantart.com

2 Re: Bengkel Bahasa Indonesia Kelas 2-3 SMP on Fri Apr 24, 2009 8:57 pm

Aqua Deviara


9th Grade Student
9th Grade Student
Bahasa Indonesia mungkin yang diperlukan hanya ketelitian dalam intonasi, tanda baca, dan hal2 boring lainnya...
Sebenernya selain itu sih nggak masalah, tapi masih ada yang dapet 6. Bahkan dibawah 6...
Masih ada yang banyak terjebak dalam contoh soal seperti ini:

Tim bola voli putera SLTP Negeri Selajambe terus berlatih tak mengenal lelah. Keringat bercucuran membasahi sekujur tubuhnya. Sinar matahari menyengat tak dihiraukannya. Sesekali dilapnya keringatnya agar tidak mengganggu, kemudian berlatih lagi mencoba fisik untuk mempersiapkan pertandingan antar SLTP se-Kabupaten Kuningan. Mereka sangat menggemari olah raga ini.
Yang dikemukakan dalam paragraf di atas adalah tentang...

a. Kebiasaan SLTP Negeri Selajambe
b. Latihan tim bola voli putera SLTPN Selajambe
c. Kondisi Fisik para siswa sebelum bertanding
d. Kegemaran para siswa SLTP terhadap olah raga bola voli

Jangan buka spoiler sebelum jawab!
Spoiler:
Inta jawab B, dan rasanya yang benar memang B. Tapi masih banyak mungkin yang masih ketipu dengan soal diatas

Lihat profil user http://www.demashitappgz.co.nr/

3 Re: Bengkel Bahasa Indonesia Kelas 2-3 SMP on Fri Apr 24, 2009 9:22 pm

Minorita Shinobu


4th Grade Student
4th Grade Student
lah,Inta..masih mending 6..di skulku yang selamat indonesianya cuma aku sendirian. yang laen pada dapet 4,bahkan ada yang 2 ==a. waktu itu kamu jawabnya bener gak?

Spoiler:
kalo aku milih C. soalnya aku liat kata2 yang diulang adalah tentang fisik. coba cek lagi

Lihat profil user http://ishikawachan.deviantart.com

4 Re: Bengkel Bahasa Indonesia Kelas 2-3 SMP on Fri Apr 24, 2009 9:37 pm

Aqua Deviara


9th Grade Student
9th Grade Student
Hmm... Gitu ya?
Tos Issei-sen... Yaah... pas2an sih... Antara 76 ampe 80... Cuma lumayan lah...
Inta sih emang jawab ntu.. Ini buku latihan soal doang sih...
Coba cek Kunci jawaban dulu...
....

Katanya adalah... (Warning, yang belum coba jawab jangan buka spoiler!)
Spoiler:
B
Entah bener apa nggak..
Ada yang bisa bantu lagi?

Lihat profil user http://www.demashitappgz.co.nr/

5 Re: Bengkel Bahasa Indonesia Kelas 2-3 SMP on Fri Apr 24, 2009 9:53 pm

Kate Cloveran


6th Grade Student
6th Grade Student
ka-kalo aq sih milih

Spoiler:
B. soal.a kan itu suasana wktu latihan.. yaa kupikir sih yang B

tapi bener gak sih?

Lihat profil user http://daVid_arChuLeta_loVe_aLL@yahoo.co.uk

6 Re: Bengkel Bahasa Indonesia Kelas 2-3 SMP on Sat Apr 25, 2009 1:59 pm

SeraphLizhiya


High Teacher
High Teacher
@^
aaa.. kalo nagi juga milih ::

Spoiler:
B.. coz klo mislny plih c.. lihat deh pilihan yang C :: kondisi fisik para siswa sebelum bertanding.. kan ntu lagi latihan keras dari jauh2 hari [?] sebelum menjelang pertandingan[/b]
iyah kn ? ntu mnurut nagi .. ~ xDD


_________________
いったん だけ あだぢ に あなた の つくる,きょうやーこい,ちやーこい,おちゃーこい,さるーこい,と ひとし
klik aja sesuka hati :http://twitter.com/692718XIII
gallery nagi : http://mesakaenagi.deviantart.com
Siggy Ava Credit
Avatar : Me.Sakaenagi
Signature : Me.Sakaenagi
Lihat profil user http://mesakaenagi.deviantart.com

7 Re: Bengkel Bahasa Indonesia Kelas 2-3 SMP on Sat Apr 25, 2009 2:01 pm

Minorita Shinobu


4th Grade Student
4th Grade Student
aku sampe jengkel dapet soal yg disuruh cari apa pikiran utamanya,jengkel banget. lebih jengkel kalo paragrafnya puanjaaanngg!!

@ nagi : sama,aku juga milih C,waktu itu kan kelasku ampe debat

Lihat profil user http://ishikawachan.deviantart.com

8 Re: Bengkel Bahasa Indonesia Kelas 2-3 SMP on Sat Apr 25, 2009 2:04 pm

SeraphLizhiya


High Teacher
High Teacher
@^ :: awaa.. nagi milih B.. liht dhe spoi neu ~ xDD

---

mwahahah... suruh nyari gagasan utama yah ?
ntu nagi juga sebel bangeth. paragrafny ampe 5 lebih... pertanyaan cuman :: gagasan utama wacana di atas adalah.?
amith2... >.<


_________________
いったん だけ あだぢ に あなた の つくる,きょうやーこい,ちやーこい,おちゃーこい,さるーこい,と ひとし
klik aja sesuka hati :http://twitter.com/692718XIII
gallery nagi : http://mesakaenagi.deviantart.com
Siggy Ava Credit
Avatar : Me.Sakaenagi
Signature : Me.Sakaenagi
Lihat profil user http://mesakaenagi.deviantart.com

9 Re: Bengkel Bahasa Indonesia Kelas 2-3 SMP on Sat Apr 25, 2009 2:08 pm

Minorita Shinobu


4th Grade Student
4th Grade Student
wah? aku waktu itu jawab B salah,yg bener C..

masih mending 5-6 pargraf,waktu itu ada 12 pargraf,mampus lah gue

Lihat profil user http://ishikawachan.deviantart.com

10 Re: Bengkel Bahasa Indonesia Kelas 2-3 SMP on Sat Apr 25, 2009 2:10 pm

SeraphLizhiya


High Teacher
High Teacher
mwuehuehuehuheu..~
Un kek gimana yah ? moga2 B.ind UN gk sesush ntu~
mna agy UN pljrn prtama tuh b.indd.. >.<


_________________
いったん だけ あだぢ に あなた の つくる,きょうやーこい,ちやーこい,おちゃーこい,さるーこい,と ひとし
klik aja sesuka hati :http://twitter.com/692718XIII
gallery nagi : http://mesakaenagi.deviantart.com
Siggy Ava Credit
Avatar : Me.Sakaenagi
Signature : Me.Sakaenagi
Lihat profil user http://mesakaenagi.deviantart.com

11 Re: Bengkel Bahasa Indonesia Kelas 2-3 SMP on Sun May 03, 2009 8:30 am

Mika


Headmaster
Headmaster
Gagasan utama suatu paragraf terletak di awal , di akhir atau di keseluruhan paragraf

lyat aja ada kalimat pokok ada penjelasnya.
dalam kalimat pokok ada ide pokok.
jenis paragraf ada induktif ada deduktif.

Lihat profil user http://ryne-yurin.blogspot.com

12 Re: Bengkel Bahasa Indonesia Kelas 2-3 SMP on Sun May 03, 2009 12:31 pm

Minorita Shinobu


4th Grade Student
4th Grade Student
Gagasan Utama juga berada di tengah2 paragraf

Tips : kalo mo langsung dan akurat.

kalo mencari paragraf utama (pikiran pokok) coba liat kata2 yang sering diulang berkali2. biasanya itu yang menjadi pikiran utama.

Lihat profil user http://ishikawachan.deviantart.com

13 Re: Bengkel Bahasa Indonesia Kelas 2-3 SMP on Mon May 04, 2009 6:00 am

Mika


Headmaster
Headmaster
@Sei:gag selalu ditengah loh,kebanyakan di awal dan akhr

Lihat profil user http://ryne-yurin.blogspot.com

14 Re: Bengkel Bahasa Indonesia Kelas 2-3 SMP on Mon May 04, 2009 6:31 pm

Gotir_Kyou


8th Grade Student
8th Grade Student
misi,numpang tanya
kalo misalkan "kesimpulan" dari suatu tajuk itu diambil dari mananya sih? Karena kalau disimpulkan biasanya jawaban kyou sama jawaban yg bnernya pasti beda...

Lihat profil user http://www.keroro-gunsou.forumotion.com

15 Re: Bengkel Bahasa Indonesia Kelas 2-3 SMP on Mon May 04, 2009 6:43 pm

Minorita Shinobu


4th Grade Student
4th Grade Student
@ kyou : boleh minta contoh soal?

biasanya sih,kalo menurut sei itu kesimpulan biasanya diambil dari luas atau tidaknya sebuah kalimat. Dan juga lajur permasalahannya.

Lihat profil user http://ishikawachan.deviantart.com

16 Re: Bengkel Bahasa Indonesia Kelas 2-3 SMP on Mon May 04, 2009 7:28 pm

Gotir_Kyou


8th Grade Student
8th Grade Student
contoh:


Akibat yang timbul dari pemanasan global telah dirasakan oleh manusia dalam jangka waktu tertentu.Bila akumulasi gas rumah kaca meningkat dengan cepat, perubahan bumi juga akan lebih cepat. Pemanasan global menyebabkan es di daerah kutub mencair.Peristiwa ini dapat menaikkan permukaan air laut sehingga kota-kota yang terletak di dekat pantai terancam tenggelam. Selain itu pemanasan glibal juga dapat mengubah iklim bumi.

Option:
a. Pemanasan global juga dapat mengubah iklim bumi

B.akumulasi gas rumah kaca meningkat dengan cepat, perubahan bumi juga akan lebih cepat

c.pemanasan global menyebabkan es di daerah kutub mencair

d. peringatan dampak yang timbul dari pemanasan global



menurut aku sih C

tp yg bener di kunci jawaban
Spoiler:
D

Lihat profil user http://www.keroro-gunsou.forumotion.com

17 Re: Bengkel Bahasa Indonesia Kelas 2-3 SMP on Mon May 04, 2009 8:23 pm

Minorita Shinobu


4th Grade Student
4th Grade Student
aku jawab D,soalnya itu menjelaskan akibat dan peringatan ttg global warming

(gomen, 1 line post)

Lihat profil user http://ishikawachan.deviantart.com

18 Re: Bengkel Bahasa Indonesia Kelas 2-3 SMP on Tue May 05, 2009 5:02 am

Mika


Headmaster
Headmaster
@Sei:gpp oneline,udah g ada aturan itu lagi kok.coba dilyat di rulenya

Lihat profil user http://ryne-yurin.blogspot.com

19 Re: Bengkel Bahasa Indonesia Kelas 2-3 SMP on Tue May 05, 2009 6:22 pm

Gotir_Kyou


8th Grade Student
8th Grade Student
heeemmm...gitu yahl,,,,...

iya juga siih,..

arigatou,Sei >__<

Lihat profil user http://www.keroro-gunsou.forumotion.com

20 Re: Bengkel Bahasa Indonesia Kelas 2-3 SMP on Sat May 30, 2009 3:23 pm

Kate Cloveran


6th Grade Student
6th Grade Student
wahhh,,, kmaren pas ujian dikasi soal ngegemesin bgd!!!
sama kya kyou... dusuruh cari gagasan utama di suatu tajukk.. aaaaahhh
masalah.a pendapat kita ma pendapat guru itu 180 derajat beda bgd!
dan jawaban guru itw mengherankan!!!

ada juga soal cerita gitu.. disuruh cari menarik...

kta2 jawabnya sih "surau yang rusak karena ketidak harmonisan bla bla bla"
guru.a jawab.a "surau yang rusak karna kepentingan bla bla bla"

sekelas langsung heran.. pasang muka cengo semua...
optionnya bener2 mirip.. dan susah dibedain...

Lihat profil user http://daVid_arChuLeta_loVe_aLL@yahoo.co.uk

21 Re: Bengkel Bahasa Indonesia Kelas 2-3 SMP on Thu Jul 16, 2009 6:41 am

Firdaus Toha


3rd Grade Student
3rd Grade Student
aku jawab D.
bener gak jawabannya?

Lihat profil user

22 Re: Bengkel Bahasa Indonesia Kelas 2-3 SMP on Thu Jul 16, 2009 10:36 am

Suck-T <3 Yoona


Cloud Teacher
Cloud Teacher
kan dah ada jawabannya yur dispoiler,,,,==a


_________________
Lihat profil user

Sponsored content


Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas  Message [Halaman 1 dari 1]

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik