c5s

[complete.colorful.comfortable.cheerful.creative] school


You are not connected. Please login or register

Gaya2 belajar~

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down  Message [Halaman 1 dari 1]

1 Gaya2 belajar~ on Tue Apr 07, 2009 4:36 pm

Aqua Deviara


9th Grade Student
9th Grade Student
Ada 3 modalitas belajar. Visual (Belajar dengan membaca atau melihat), Auditori (Belajar dengan mendengar) atau Kinestetik (Belajar dengan bergerak, beraktivitas, dll).

1. Visual

Lirikan keatas bila berbicara, berbicara dengan cepat. Bagi siswa yang bergaya belajar visual, yang memegang peranan penting adalah mata / penglihatan ( visual ), dalam hal ini metode pengajaran yang digunakan guru sebaiknya lebih banyak / dititikberatkan pada peragaan / media, ajak mereka ke obyek-obyek yang berkaitan dengan pelajaran tersebut, atau dengan cara menunjukkan alat peraganya langsung pada siswa atau menggambarkannya di papan tulis. Anak yang mempunyai gaya belajar visual harus melihat bahasa tubuh dan ekspresi muka gurunya untuk mengerti materi pelajaran. Mereka cenderung untuk duduk di depan agar dapat melihat dengan jelas. Mereka berpikir menggunakan gambar-gambar di otak mereka dan belajar lebih cepat dengan menggunakan tampilan-tampilan visual, seperti diagram, buku pelajaran bergambar, dan video. Di dalam kelas, anak visual lebih suka mencatat sampai detil-detilnya untuk mendapatkan informasi.


Ciri-ciri gaya belajar visual :


² Bicara agak cepat

² Mementingkan penampilan dalam berpakaian/presentasi

² Tidak mudah terganggu oleh keributan

² Mengingat yang dilihat, dari pada yang didengar

² Lebih suka membaca dari pada dibacakan

² Pembaca cepat dan tekun

² Seringkali mengetahui apa yang harus dikatakan, tapi tidak pandai memilih kata-kata

² Lebih suka melakukan demonstrasi dari pada pidato

² Lebih suka musik dari pada seni

² Mempunyai masalah untuk mengingat instruksi verbal kecuali jika ditulis, dan seringkali minta bantuan orang untuk mengulanginya


Strategi untuk mempermudah proses belajar anak visual :


~ Gunakan materi visual seperti, gambar-gambar, diagram dan peta.

~ Gunakan warna untuk menghilite hal-hal penting.

~ Ajak anak untuk membaca buku-buku berilustrasi.

~ Gunakan multi-media (contohnya: komputer dan video).

~ Ajak anak untuk mencoba mengilustrasikan ide-idenya ke dalam gambar.


2. Auditori

Lirikan kekiri/kekanan mendatar bila berbicara, berbicara sedang2 saja. Siswa yang bertipe auditori mengandalkan kesuksesan belajarnya melalui telinga (alat pendengarannya), untuk itu maka guru sebaiknya harus memperhatikan siswanya hingga ke alat pendengarannya. Anak yang mempunyai gaya belajar auditori dapat belajar lebih cepat dengan menggunakan diskusi verbal dan mendengarkan apa yang guru katakan. Anak auditori dapat mencerna makna yang disampaikan melalui tone suara, pitch (tinggi rendahnya), kecepatan berbicara dan hal-hal auditori lainnya. Informasi tertulis terkadang mempunyai makna yang minim bagi anak auditori mendengarkannya. Anak-anak seperi ini biasanya dapat menghafal lebih cepat dengan membaca teks dengan keras dan mendengarkan kaset.


Ciri-ciri gaya belajar auditori :


² Saat bekerja suka bicara kepada diri sendiri

² Penampilan rapi

² Mudah terganggu oleh keributan

² Belajar dengan mendengarkan dan mengingat apa yang didiskusikan dari pada yang dilihat

² Senang membaca dengan keras dan mendengarkan

² Menggerakkan bibir mereka dan mengucapkan tulisan di buku ketika membaca

² Biasanya ia pembicara yang fasih

² Lebih pandai mengeja dengan keras daripada menuliskannya

² Lebih suka gurauan lisan daripada membaca komik

² Mempunyai masalah dengan pekerjaan-pekerjaan yang melibatkan Visual

² Berbicara dalam irama yang terpola

² Dapat mengulangi kembali dan menirukan nada, berirama dan warna suara


Strategi untuk mempermudah proses belajar anak auditori :


~ Ajak anak untuk ikut berpartisipasi dalam diskusi baik di dalam kelas maupun di dalam keluarga.

~ Dorong anak untuk membaca materi pelajaran dengan keras.

~ Gunakan musik untuk mengajarkan anak.

~ Diskusikan ide dengan anak secara verbal.

~ Biarkan anak merekam materi pelajarannya ke dalam kaset dan dorong dia untuk mendengarkannya sebelum tidur.


3. Kinestetik

Lirikan kebawah bila berbicara, berbicara lebih lambat. Anak yang mempunyai gaya belajar kinestetik belajar melalui bergerak, menyentuh, dan melakukan. Anak seperti ini sulit untuk duduk diam berjam-jam karena keinginan mereka untuk beraktifitas dan eksplorasi sangatlah kuat. Siswa yang bergaya belajar ini belajarnya melalui gerak dan sentuhan.


Ciri-ciri gaya belajar kinestetik :


² Berbicara perlahan

² Penampilan rapi

² Tidak terlalu mudah terganggu dengan situasi keributan

² Belajar melalui memanipulasi dan praktek

² Menghafal dengan cara berjalan dan melihat

² Menggunakan jari sebagai petunjuk ketika membaca

² Merasa kesulitan untuk menulis tetapi hebat dalam bercerita

² Menyukai buku-buku dan mereka mencerminkan aksi dengan gerakan tubuh saat membaca

² Menyukai permainan yang menyibukkan

² Tidak dapat mengingat geografi, kecuali jika mereka memang pernah berada di tempat itu

² Menyentuh orang untuk mendapatkan perhatian mereka

² Menggunakan kata-kata yang mengandung aksi


Strategi untuk mempermudah proses belajar anak kinestetik:


~ Jangan paksakan anak untuk belajar sampai berjam-jam.

~ Ajak anak untuk belajar sambil mengeksplorasi lingkungannya (contohnya: ajak dia baca sambil bersepeda, gunakan obyek sesungguhnya untuk belajar konsep baru).

~ Izinkan anak untuk mengunyah permen karet pada saat belajar.

~ Gunakan warna terang untuk menghilite hal-hal penting dalam bacaan.

~ Izinkan anak untuk belajar sambil mendengarkan musik.


Gaya belajar dapat menentukan prestasi belajar anak. Jika diberikan strategi yang sesuai dengan gaya belajarnya, anak dapat berkembang dengan lebih baik. Gaya belajar otomatis tergantung dari orang yang belajar. Artinya, setiap orang mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda.

Taken from: http://nuritaputranti.wordpress.com

Inta penganut gaya Kinestetik~ Klo kalian?

Lihat profil user http://www.demashitappgz.co.nr/

2 Re: Gaya2 belajar~ on Tue Apr 07, 2009 5:53 pm

.khanayo.


Headmaster
Headmaster
modo yang auditori!~ hahaha.
aku kalo ngapal itu sukanya ngomong kenceng-kenceng, tapi cape. ><
makanya kalo cape aku bengong deh sampe beberapa jam kemudian baru ngeh lagi belajar.xD
kalo ada materi yang belom dipelajarin, kadang suka ada temenku yang telpon atau besok paginya dikelas terus ceritain isi materinya dan aku langsung hapal~~


_________________

http://khanayoschool-eps2.blogspot.com
http://angeline-ikha.blogspot.com

.See, read, and leave comments.
Lihat profil user http://c5school.friendhood.net

3 Re: Gaya2 belajar~ on Tue Apr 07, 2009 6:24 pm

Mika


Headmaster
Headmaster
modo,enak banget kalo bgt cara blajarmu.
aq g tahu,ga jelas.
btw, inta,ini kok jadi mirip pelajaran BK,sama persis loh.

Lihat profil user http://ryne-yurin.blogspot.com

4 Re: Gaya2 belajar~ on Tue Apr 07, 2009 8:50 pm

Aqua Deviara


9th Grade Student
9th Grade Student
@^: Mungkin bukan BK.. Tapi lebih ke arah psikologi.. Sama aja sih..
@modo-senpai: Weew.. Enaknya belajar kayak gitu..

Klo yang sekarang, Inta masih coba nerapin strategi belajar visual.. Jadi nyatet apapun pake sapidol warna-warni~ Klo kek gitu, Inta lebih gampang ingetnya..
Tapi... Kok ciri2nya lebih ke kinestetik ya?

Lihat profil user http://www.demashitappgz.co.nr/

5 Re: Gaya2 belajar~ on Wed Apr 08, 2009 7:38 am

Mika


Headmaster
Headmaster
ia, guru BK kan belajar psikolog juga.
duh,aq ga jelas cara belajarq.ha9

dulu pernah coba,smua berwarna,eh malah pusing.

Lihat profil user http://ryne-yurin.blogspot.com

6 Re: Gaya2 belajar~ on Wed Apr 08, 2009 1:49 pm

.khanayo.


Headmaster
Headmaster
Yaa, ada enaknya ada nggaknya sih auditori tuh. masalahnya aku tipe orang yang suka lupa, jadi kalo udah bisa, 15 menit kemudian bisa langsung lupa.

eh iya, inta, aku juga suka loh belajar pake pen warna warni. tapi kurang ngaruh sih, sama aja. aku sekarang kalo nyatet suka banget pake panah-panah. orang lain kadang suka gak ngerti aku nulis apa. cuma kalo gitu gampang inget, soalnya yang dicatet poin-poinnya aja terus aku bisa kembangin pake kata-kataku sendiri. praktekin deh, kalo di aku sih itu jauh lebih manjur.

sama aku lebih suka ngapalin cerita dibanding poin. misalnya, disuruh ceritain kejadian apaa gitu. aku lebih suka kayak gitu daripada disuruh nyebutin tujuan dari apaaa gitu. itu kan pake poin-poin tuh , ada a, b, c. itu aku lebih males.xD


_________________

http://khanayoschool-eps2.blogspot.com
http://angeline-ikha.blogspot.com

.See, read, and leave comments.
Lihat profil user http://c5school.friendhood.net

7 Re: Gaya2 belajar~ on Wed Apr 08, 2009 7:52 pm

Sakuya Nagi


1st grade student
1st grade student
pusing neh.. ada yang termasuk dan ada yg tidak di tiap modalitasnya 0_o;;

Lihat profil user http://phschool-forum.co.nr

8 Re: Gaya2 belajar~ on Sat Apr 25, 2009 5:15 pm

Prasas


2nd Grade student
2nd Grade student
klo saia sih yang visual
saia lebih gampang inget yg di tulis di papan tulis daripada yg diomongin guru
klo belajar saia baca catatan aja ga pake tanya jawab ma temen

Lihat profil user http://www.gameillumination.cjb.net

9 Re: Gaya2 belajar~ on Tue Apr 28, 2009 2:07 pm

sarrah


1st grade student
1st grade student
auditori.
yeiy

Lihat profil user http://profiles.friendster.com/siiautist

10 Re: Gaya2 belajar~ on Fri May 01, 2009 9:42 am

Kate Cloveran


6th Grade Student
6th Grade Student
hmm aq ap yaa?? binun..
bisa visual bisa kinestetik

klo visual aq itu emang ngerti apa yg ditulis daripada diomongin guru.. terus juga aq itu Lebih suka musik dari pada seni, terus Lebih suka membaca dari pada dibacakan, terus Tidak mudah terganggu oleh keributan (malah lebih suka blajar di tmtp ramee haha aneh )

klo yang kinestetik itu aq emang Belajar melalui memanipulasi dan praktek, terus Menyukai buku-buku dan mereka mencerminkan aksi dengan gerakan tubuh saat membaca, terus sama Menghafal dengan cara berjalan dan melihat.. hahaa jdi binun.. gmna donnkk?

Lihat profil user http://daVid_arChuLeta_loVe_aLL@yahoo.co.uk

11 Re: Gaya2 belajar~ on Sun May 03, 2009 12:08 am

Suck-T <3 Yoona


Cloud Teacher
Cloud Teacher
waduh, bingung jawabnya... cuz T dah lama ga pernah blajar. Semenjak kul, smua mata kul yang diujianin smuanya bole open book jadi ga pernah blajar, wakakakkaa.....XD


_________________
Lihat profil user

12 Re: Gaya2 belajar~ on Tue May 05, 2009 11:05 am

Mika


Headmaster
Headmaster
@T: Enak bgt kw.

cra belajarku juga campur. . .
yang pasti,ga suka keributan.
belajar tengah malam bru masuk.
malah bingung kalo kebanyakan gambar dan warna.
musti dalam bentuk ringkasan.

Lihat profil user http://ryne-yurin.blogspot.com

13 Re: Gaya2 belajar~ on Tue May 05, 2009 11:05 am

Mika


Headmaster
Headmaster
@T: Enak bgt kw.

cra belajarku juga campur. . .
yang pasti,ga suka keributan.
belajar tengah malam bru masuk.
malah bingung kalo kebanyakan gambar dan warna.
musti dalam bentuk ringkasan.

Lihat profil user http://ryne-yurin.blogspot.com

14 Re: Gaya2 belajar~ on Mon Jun 29, 2009 5:18 pm

Kate Cloveran


6th Grade Student
6th Grade Student
hahaha kebalik kita..
aq suka.a bikin mind maping..
bnyk warna bnyk gambar hahaha

Lihat profil user http://daVid_arChuLeta_loVe_aLL@yahoo.co.uk

15 Re: Gaya2 belajar~ on Tue Jun 30, 2009 3:27 am

Mika


Headmaster
Headmaster
manusia memang unik.tak ada yg benar2 sama

Lihat profil user http://ryne-yurin.blogspot.com

16 Re: Gaya2 belajar~ on Mon Jul 27, 2009 4:15 pm

apeng


3rd Grade Student
3rd Grade Student
Jadi Rilekz .. . . . . . .........

Lihat profil user

17 Re: Gaya2 belajar~ on Thu Oct 15, 2009 12:33 am

LaRunnVianne


8th Grade Student
8th Grade Student
visual...

mirip run banget itu! xD

hobi belajar di ANKOT gulingguling kan jaoh noh. 1 jam gitu, ya belajar aja. gilanyua, malah masuk. biasanya bisa dpt nilai bagus tu gulingguling

Lihat profil user http://runnirunni.blogspot.com

18 Re: Gaya2 belajar~ on Fri Oct 16, 2009 9:26 am

Alchegga Riffame


Rainbow Teacher
Rainbow Teacher
@^: naek angkot sambil denger musik dangdut, run? gulingguling gulingguling

kalo himeh paling pewe blajar pas tengah malem. jam 8/9/10 malem uda molor dluan gulingguling trus sekitaran jam 2/3 pagi bangun blajar =33

tenang~~


_________________
I'll be vacuum from FB, forum then everything related to Internet until the exams over.
But for now, you can contact me via http://plurk.com/taktepikirlagi and http://twitter.com/eggARM
Don't forget to follow :kiss:

Bless me so I can pass the National Exams brightly and enter the University I've dreamed fast :kiss:
LOVE Y'ALL and I'm so gonna miss you Sad
Lihat profil user http://twitter.com/eggARM

19 Re: Gaya2 belajar~ on Sun Jul 04, 2010 11:34 am

Mika


Headmaster
Headmaster
saya akhir-akhir ini jadi susah banget untuk konsentrasi..
jd malas belajr ..
bawaannya main saja.
walo sudah niat, tp susah bgt.

ada suara sedikit lagsung buyar

Lihat profil user http://ryne-yurin.blogspot.com

20 Re: Gaya2 belajar~ on Fri Sep 10, 2010 3:58 am

Alchegga Riffame


Rainbow Teacher
Rainbow Teacher
Mungkin karena les yang sering makanya libur puasa ini nggak terasa buat aku. Kalo belajar suka teralihkan dengan doodling -_-
Pengen nangis karena saya belum yakin kalo ujian Kemampuan IPA (TPA sama Kemampuan Dasar udah agak tenang)


_________________
I'll be vacuum from FB, forum then everything related to Internet until the exams over.
But for now, you can contact me via http://plurk.com/taktepikirlagi and http://twitter.com/eggARM
Don't forget to follow :kiss:

Bless me so I can pass the National Exams brightly and enter the University I've dreamed fast :kiss:
LOVE Y'ALL and I'm so gonna miss you Sad
Lihat profil user http://twitter.com/eggARM

21 Re: Gaya2 belajar~ on Sat Sep 10, 2011 8:53 am

Ashia Rainfield


7th Grade Student
7th Grade Student
klo aku setelah ditest sama pihak pendidikan seimbang sih, jadi mungkin tergantung sikon juga. Kalo saat itu memang cenderung mengandalkan penglihatan, brarti visual, begitu pula yang lainnya umm?

Lihat profil user http://isacchikarisa.livejournal.com

22 Re: Gaya2 belajar~ on Sat Sep 10, 2011 11:43 pm

DeltaYordani


9th Grade Student
9th Grade Student
aku setengah2 xD

pakek visual juga bs, pakek auditori juga bs Very Happy

tp klo yg visual, harus tulisan tanganku sendiri.
kalo misalnya aku ngapal dari cctn teman, wlpn sudah serapi mungkin dan berwarna-warni, aku lambat nangkapnya >,<
tp kalo punya sendiri, wlpn acak2kan, aku bs inget dimana letak aku nulisnya ^^

Lihat profil user

23 Re: Gaya2 belajar~ Today at 3:12 pm

Sponsored content


Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas  Message [Halaman 1 dari 1]

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik